KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

Dr Fazal Ghani Kakar Dijadwalkan Hadiri NU-santara 2018 di Bandung – Press Release NU-Santara 2018

Jakarta (22/09) -Desember 2018 mendatang, sekitar 500 kader Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) dari 24 perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia siap meramaikan acara NU-santara (NU-Science and Cultural Art Olympiad) ke-2 di Kota Bandung dengan tema “Mengikat Ukhuwah, Merajut Dakwah melalui Lokalitas Budaya Islam Nusantara untuk Peradaban Dunia”.

Di tengah konflik antargolongan yang terjadi di Timur Tengah, melalui NU-santara 2018 ini diharapkan dapat memperlihatkan kepada dunia bahwa keberadaan NU sebagai jam’iyyah menjadi garda terdepan dalam menciptakan perdamaian dan persatuan untuk peradaban dunia yang lebih baik. Oleh karena itu, selain pelatihan, perlombaan hadroh, membaca kitab kuning, dan syarhil quran, dalam acara NU-santara 2018 akan diselenggaran Seminar Nasional terbuka untuk umum dengan tema “Globalisasi Dakwah Islam Wasathiyah untuk Perdamaian Dunia Internasional” yang akan diisi oleh Dr. Fazal Ghani Kakar. Beliau adalah ulama Sunni dari Afghanistan yang menekankan dakwah Islam yang tasamuh, tawasuth, dan dengan mauidzoh hasanah.

Untuk itu, pada 22 Septembee 2018 di Hotel Le Meridien Jakarta, KMNU Nasional melalui Presnas III Teguh Darmawanto, Presnas IV Karimatul Shofia Irsyad, dan Ketua Pelaksana A. Pahmi Azis melaksanakan kunjungan serta diskusi untuk fiksasi kesiapan pemateri. Diskusi tersebut didampingi pula oleh Wakil Sekjen PBNU KH. Abdul Mun’im DZ, Pembina YPM Salman ITB H. Achmad Nashir Budiman, dan H. Hernowo, M.M.

Melalui diskusi tersebut, Dr. Fazal Ghani Kakar sangat mengapresiasi kegiatan yang baik ini dalam rangka menciptakan perdamaian dunia untuk Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin. Beliau pun menyanggupi untuk hadir sebagai keynote speaker pada seminar yang akan digelar pada 16 Desember 2018 ini yang termasuk dalam rangkaian acara NU-santara 2018.

Sebelumnya, KMNU Nasional pernah melaksanakan acara NU-santara pada 2015 yang bertempat di Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor. Untuk yang kedua ini, NU-santara 2018 akan dilaksanakan pada 14-16 Desember 2018 di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Selain diperuntukkan untuk kader KMNU se-Indonesia dan Malaysia, di acara ini pula akan diundang PCNU Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Barat untuk ikut meramaikan beberapa rangkaian acara NU-santara 2018 yaitu Seminar Nasional dan Istigosah Kubro.

(M. Irfansyah Maulana – KMNU UPI)

Comments
Loading...