KEUTAMAAN DARI SEBAGIAN SURAT-SURAT

Sering kali kita menjumpai tulisan untuk membaca surat-surat tertentu, terlebih di hari jum’at. Sebenarnya apa yang membuat kita untuk dianjurkan mengamalkan surat-surat tersebut? Sering kali kita membacanya dan bahkan terkadang tak tahu apa fadhilah dibaliknya. Dan ternyata banyak keutamaan yang ada pada surat-surat tersebut. Dalam tulisan ini akan dituturkan dengan ringkas dan langsung dari hadis-hadis semua. Dalam tulisan ini akan disebutkan beberapa surat dari juz ‘amma serta surat-surat yang masyhur, sebagai sedikit dari gambaran dan perlu dibenarkan bacannya serta dihafalkan, untuk diwiridkan.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

  1. Sepuluh mencegah perkara sepuluh : Surat Al-Fatihah mencegah marahnya Tuhan, surat Yasin mencegah dahaga di hari kiamat, surat Ad-Dhukhon mencegah keresahan di hari kiamat, surat Al-Waqi’ah mencegah melarat (amalkan setiap malam), surat Tabarok mencegah siksa di alam kubur, Surat Al-Kautsar mencegah perpaduan musuh, surat Al-Kafirun mencegah kufur dikala pecatnya nyawa, surat Al-Ikhlas mencegah pekerjaan nifaq (plin-plan), surat Al-Falaq mencegah kedengkian orang hasud, surat An-nas mencegah dari was-was.
  2. Allah SWT pasti mendengar bacaan “lam yakuni ladzina kafaruu” kemudian berfirman : Gembiralah hai hambaku sehingga kau puas. Surat Idza zulzilat mengimbangi separuh dari Al-Qur’an, Surat Al-Ikhlas mengimbangi sepertiga Al-Qur’an, surat Al-Kafirun mengimbangi seperempat Al-Qur’an. Semua perkara itu pasti ada sarinya. Sarinya Al-Qur’an ialah surat-surat Mufasshal yaitu surat Al-Hujurat sampai dengan surat Nas.
  3. Surat sabbihisma robbika ialah lebih utama-utamanya tasbih. Membaca tasbih yang paling utama memakai surat sabbihisma robbika ini. Surat yang dibaca Nabi setiap sholat Jum’at pada  roka’at pertama, kemudian pada roka’at kedua menggunakan surat Hal ataka…… maka sebaiknya tidak mengganti yang lebih pendek karena ittiba’ lir Rasul SAW.
  4. Mengajilah kamu surat ‘Amma, Qof, wan Najmi, was sama-I dzaatil buruj, was sama-I wat thaariq. Karena andaikan kamu tahu akan apa yang terkandung dalam surat-surat ini, niscaya kamu pelajari surat-surat ini dan kamu buat untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena Allah akan mengampuni segala dosa apa saja selain menyekutukan-Nya.
  5. Surat Al-Mulk: Surat yang isinya hanya 30 ayat dapat memberikan syafa’at kepada si pembacanya sehingga diampuni dosanya. Surat ini pula bernama surat maani’ah (mencegah) dan juga bernama surat Munjiyah (menyelamatkan dari siksa kubur). Aku (Nabi) ingin sekali surat ini bisa dihafali oleh setiap orang mu’min. Siapa membaca surat tabarok tiap malam, akan dihindarkaan dari siksa kubur.
  6. Surat Ad-Dukhan pada tiap malamnya, maka malaikat sebanyak 70.000 memintakan ampun kepada Tuhan untuknya.
  7. Surat alif lam mim as-sajdah : surat Tabarok dan surat Alif Lam Mim Tanzil as-sajdah ini melebihi 60 tingkatan dari lainnya. Sedang surat Alif lam mim ini di hari kimat akan memiliki dua buah sayap yang digunakan untuk  melindungi pembacanya dan berkata : “ Jangan engkau khawatir , tak seorangpun bisa merugikan kau”. Surat ini sebaiknya dibaca pada roka’at pertama sholat shubuh pada hari Jum’at dengan memakai sujud tilawah, dan surat hal ata ‘alal insan sebagai bacaan roka’at keduanya, ittiba’ Nabi Muhammad SAW.
  8. Surat Al-Kahfi: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi setiap Jum’ah, Allah SWT akan memancarkan “NUR” untuknya sampai dua jum’ah. Dalam hadits lain :…….diberi nur seisinya langit dan bumi. Surat ini dipenuhi dengan ilmu serta keimanan yang sangat tabah, agar cerah alam fikirannya dan memudahkan tambah ilmu maka amalkan setiap Jum’at.
  9. “Anjuran Penting” : Faedah yang banyak sekali terkandung didalamnya, dianjurkan dimana saja untuk memperbanyak membaca ayat kursi, qulhu, al-mu’awwidzatain serta tiga atau dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah terlebih menjelang tidur, diakhiri dengan surat Al Hasyr mulai dari : lau anzalna………..
  10. Penting untuk segala hajat serta dijaga dari marabahaya dan keburukan, setidaknya ketika mau tidur atau ba’da sholat ‘isyak maka hendaknya membaca 3 surat : Qulhu, al-falaq serta an-nas setelah itu ditiupkan pada telapak tangan lalu diusapkan ke seluruh tubuh, Sama halnya Nabi tidak pernah meninggalkan hal tersebut hingga sakit terakhir, ketika hendak tidur tidak lupa untuk membaca tiga surat tersebut. Semoga kita diberikan taufiq hingga dapat mengamalkannya dengan istiqomah, aamiin.

لَوۡ أَنزَلۡنَا هَـٰذَا ٱلۡقُرۡءَانَ عَلَىٰ جَبَلٍ۬ لَّرَأَيۡتَهُ ۥ خَـٰشِعً۬ا مُّتَصَدِّعً۬ا مِّنۡ خَشۡيَةِ ٱللَّهِ‌ۚ وَتِلۡكَ ٱلۡأَمۡثَـٰلُ نَضۡرِبُہَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمۡ يَتَفَكَّرُونَ (٢١) هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ‌ۖ عَـٰلِمُ ٱلۡغَيۡبِ وَٱلشَّهَـٰدَةِ‌ۖ هُوَ ٱلرَّحۡمَـٰنُ ٱلرَّحِيمُ (٢٢) هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡمَلِكُ ٱلۡقُدُّوسُ ٱلسَّلَـٰمُ ٱلۡمُؤۡمِنُ ٱلۡمُهَيۡمِنُ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡجَبَّارُ ٱلۡمُتَڪَبِّرُ‌ۚ سُبۡحَـٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشۡرِڪُونَ (٢٣) هُوَ ٱللَّهُ ٱلۡخَـٰلِقُ ٱلۡبَارِئُ ٱلۡمُصَوِّرُ‌ۖ لَهُ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ‌ۚ يُسَبِّحُ لَهُ ۥ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ‌ۖ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡحَكِيمُ (٢٤)

Disusun oleh: Mailul M (KMNU IAIN Ponorogo)

Comments
Loading...