KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

Tabligh Akbar dalam rangka Dies Natalis UNY ke-55 bersama K.H. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) dan Sam Bimbo

Tabligh Akbar dalam rangka Dies Natalis UNY ke-55
bersama K.H. Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) dan Sam Bimbo

Oleh: Vina Mathlaul Ilma (KMNU UNY)

Rabu, 15 Mei 2019
Dalam rangka Dies Natalis UNY ke-55, pihak birokrasi mengadakan acara tabligh akbar dengan tema “UNY Meneguhkan Nilai-Nilai Ketakwaan dan Kebangsaan” atas permintaan mahasiswa karena sebelumnya telah diadakan konser Maliq D’esenssial dengan bermodal IPK.

Pihak birokrasi meminta bantuan kepada UKKI, SKI-UKKI, dan KMNU UNY untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Tabligh akbar bertempat di masjid kampus Al-Mujahidin dengan estimasi jama’ah sebanyak 2.000 jama’ah. Dimulai dengan solat tarawih berjama’ah dilanjut acara tabligh akbar. Dibuka oleh MC dan sambutan oleh bapak Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY. Ternyata antusiasme jama’ah tidak hanya datang dari mahasiswa saja tetapi bapak ibu dosen turut hadir dalam acara tabligh akbar tersebut bahkan duduk di barisan paling depan.

Pukul 20.30 WIB Sam Bimbo bersama putrinya Asri Dewi Lestari mulai melantunkan beberapa lagu seperti Rindu Rosul dan Anak Bertanya Pada Bapaknya. Syahdu sekali suasana masjid Al-Mujahidin. Sekitar pukul 21.00 WIB beliau Gus Muwafiq rawuh dan langsung naik ke panggung. Beliau memberikan materi tentang puasa, bahwa tidak hanya di Islam saja yang mengenal puasa tetapi agama lain juga, itulah keajaiban puasa. Konsep dari puasa dan esensi dari puasa. Kemudian pengibaratan laki-laki dan perempuan, sebagaimana perempuan diibaratkan sebagai sawah dan laki-laki yg menanam, jika ingin tanaman bagus maka harus dirawat.

Selanjutnya materi tentang ruhani yang bersifat akhirat dan tubuh yang bersifat dunia. Contoh kecil, jika terdengar adzan hati tersentuh ingin segera solat tapi tubuh menolak karena dia tau dia akan ditinggalkan.

Di akhir materi Gus Muwafiq mempersembahkan Special Performance dengan bermain gitar dan menyanyikan lagu Doa. Kemudian ber-duet dengan Sam Bimbo menyanyikan lagu Sajadah Panjang. Ditutup dengan doa oleh Gus Muwafiq.

You might also like
Comments
Loading...