KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

Regenerasi KMNU : Upaya Pembaruan Sistem Peningkatan Kualitas Organisasi

Semarang, KMNU Online

Sabtu (21/01), Memasuki awal tahun KMNU Nasional melakukan pembaharuan jajaran pimpinan dan kepengurusannya. Presidium Nasional –sebutan untuk jajaran pemimpin KMNU Nasional – yang berjumlah 5 orang melaporkan laporan pertanggungjawabannya dan telah terdemisioner secara sah pada hari Jum’at (20/01) lalu. Pemilihan Presnas yang baru ini dilangsungkan bersamaan dengan perayaan Harlah KMNU Nasional yang ke-2.

Pemilihan Presnas yang baru diawali dengan Sidang Pleno Komisi IV mengenai Tata Tertib Pemilihan Presidium Nasional dan Majelis Pertimbangan Organisasi KMNU. Sidang Pleno berlangsung cukup lama hingga akhirnya sidang disahkan secara penuh pada pukul 2 siang. Usai siding pleno, acara langsug dilanjutkan dengan musyawarah pemilihan Presnas. Setiap KMNU PT yang tergabung dalam KMNU Nasional mengajukan maksimal 3 orang untuk dicalonkan.

Sebanyak 15 KMNU-PT yang mempunyai hak suara untuk mengajukan bakal calon Presnas. KMNU-PT yang memiliki hak suara yaitu KMNU Malaysia, KMNU Unila, IMAN STAN, KMNU IPB, KMNU UPI, KMNU ITB, KMNU STKS, KMNU Padjajaran, KMNU Undip, KMNU UII, KMNU UGM, KMNU UNY, KMNU UIN SUKA, KMNU UNAIR, dan KMNU Unud. Dari 15 KMNU PT, didapati ada 21 nama yang diajukan menjadi bakal calon Presnas.

Tahap awal, para kandidat yang dicalonkan melalui tahap verifikasi dan penyampaian kesediaan serta kesiapan menjadi Presnas. Setelah melalui tahap verikasi, terpilih 11 nama calon yaitu 3 orang dari KMNU IPB, 2 orang dari KMNU ITB, 1 orang dari KMNU Unila, 1 orang dari KMNU UIN SUKA, 1 orang dari KMNU UII, 1 orang dari KMNU UNY, dan 1 orang dari KMNU Padjajaran. Pemilihan Presnas masih berlangsung hangat hingga berita ini diterbitkan. Sebagaimana kesepakatan forum, Presnas terpilih akan diumumkan setelah sholat Isya.  Dengan adanya regenerasi kepemimpinan ini, diharapkan dapat memberikan peningkatan kualitas dan kapabilatas KMNU. (Ari/el Naomiy)

You might also like
Comments
Loading...