Press Release FORMIS 2

Workshop pelatihan KTI bidang Soshum Seminar merupakan bagian batch 2 dari FORMIS (Forum Ilmiah dan Seminar Nasional) yang diselenggarakan oleh bidang kajian ilmiah KMNU Nasional 2020, telah berhasil dilaksanakan pada tanggal 12, 19 dan 26 Juni 2020 pukul 13.30-15.30 WIB. Workshop ini menggunakan aplikasi whatshapp sebagai sarana penghimpun peserta dan mengkoordinasi peserta, aplikasi google meet sebagai media presentasi pemateri.

Workshop ini menghadirkan pemateri yang berkompeten dibidangnya yaitu saudara Imam Wahyudi Indrawan, S.EI., M,Ec , beliau merupakan dosen muda jurusan ekonomi islam di Universitas Airlangga. Selain itu pengalaman dan prestasi beliau tidak diragukan lagi dalam bidang kepenulisan, diantaranya adalah meraih penghargaan Best Paper in Islamic Capital Market  2018.  Moderator dari penyelenggaraan workshop ini diisi oleh salah satu Pengurus Pusat KMNU Depnas V bidang kajian ilmiah sekaligus kader KMNU UNAIR  yaitu Irma Faikhotul Hikmah, ia adalah seorang peraih juara 1 lomba karya tulis ilmiah  nasional di STEI SEBI dalam acara Islamic Economic Days.

Workhsop dilaksanakan tiga kali dengan perincian setiap hari jumat pada bulan juni 2020, setiap acara dibuka dengan sambutan Presnas V KMNU Nasional 2020/2021 sekaligus kader KMNU UB Avuan Muhammad Rizki, lalu dengan pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Tujuan workshop KTI bidang Soshum  ini diselenggarakan yaitu sebagai  wadah pelatihan dalam kepenulisan berbagai jenis karya tulis ilmiah bagi para mahasiwa secara umum yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa tersebut. Fasilitas yang di dapatkan yaitu  3 Pertemuan, 6 Materi, Pengoreksian Praktik Kepenulisan Peserta, dan Sertifikat Peserta. Rincian materi yaitu sebagai berikut :

1. Urgensi dan Ghiroh Kepenulisan

2. Kupas Tuntas Essay dan LKTI Beserta Sumber Data

3. How To Constructing Introduction of Paper (LKTI)

4. Literatur, Review, Grand Theory dan Metpen pada Soshum

5. Olah Data Primer dan Sekunder

6. Membuat Kesimpulan dan Abstrak yang benar

7. Pengoreksian hasil KTI mahasiswa

Harapannya setelah Workshop ini dilaksanakan mampu membangkitkan semangat dan terus meningkatkan kualitas SDM Indonesia terutama di masa adaptasi dengan pandemi yang tentu banyak mengubah pola sosial masyarakat. Formis akan dilaksanakan setiap bulan dan Formis ke 3 Akan dilaksanakan September yang kami harapkan juga mampu memberikan kontribusi bagi Negeri ditengah pandemi.

Disusun oleh: Irma Faikhotul Hikmah (Depnas V bidang Kajian Ilmiah)

You might also like
Comments
Loading...