NUsantara Memanggil

Nahdlatul Ulama Science and Cultural Art Olympiad atau biasa disebut NUsantara merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh KMNU tiga tahun sekali. Kabarnya, kegiatan NUsantara 2019 akan dihadiri oleh KMNU dari 25 perguruan tinggi di Indonesia. Wah!

NUsantara telah kedua kalinya diselenggarakan oleh KMNU. Pertama kali yaitu pada tahun 2016 di Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor. Tahun 2019 NUsantara kembali diselenggarakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung pada 27-29 September 2019.

NUsantara 2019 mengangkat tema “Mengikat Ukhuwah, Merajut Dakwah melalui Lokalitas Budaya Islam Nusantara”. Tema tersebut diangkat dengan harapan agar dapat mengembangkan potensi kader KMNU, melestarikan amaliah NU, mengokohkan ukhuwah, dan melanjutkan misi dakwah Ahlussunnah wal Jamaah melalui lokalitas budaya Islam Nusantara.

Rangkaian kegiatan NUsantara 2019 terdiri dari 6 agenda, yaitu pembukaan dan seminar nasional, rutinan akbar, perlombaan, rapat terbatas nasional, NUsantara bersholawat serta penutupan dan mauidhoh hasanah.

Pembukaan dan seminar nasional akan dihadiri oleh Ketua PCNU Bandung, Rektor UPI dan turut mengundang Gubernur Jawa Barat, H. M Ridwan Kamil, S.T, M.U.D. Seminar Nasional bertema “Pancasila dan Islam Wasathiyah sebagai Solusi Terwujudnya Pedamaian Dunia” akan diselenggarakan Jumat, 27 September 2019, di Auditorium FPEB dan terbuka untuk umum.

Kemudian pada hari Sabtu, 28 September 2019 terdapat 3 agenda penting. Pertama, perlombaan. Perlombaan hanya khusus untuk anggota KMNU dan peserta adalah delegasi dari setiap KMNU Perguruan Tinggi. Jenis perlombaan berupa lomba Fotografi, Short Dakwah Movie, PKMN Kewirausahaan, Musabaqoh Sarhil Qur’an, Musabaqoh Qira’atil Kutub dan Seni Hadrah. Kedua, NUsantara Bersholawat dan terakhir rapat terbatas nasional.

Kegiatan NUsantara akan diakhiri pada Hari Minggu, 29 September 2019 dengan Mauidhoh Hasanah sebagai acara penutup.

Wah menarik, bukan?
Kami tunggu kedatanganmu di Nusantara 2019!

You might also like
Comments
Loading...