KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

KOMPRES (KOMunitas berPREStasi) KMNU IPB: Tersesat di Jalan yang Benar

“Tersesat di jalan yang benar” mungkin itulah ungkapan yang paling tepat untuk seorang  perempuan tangguh dan pantang menyerah ini. Minggu (24/04) Komunitas Prestasi KMNU IPB (Kompres) mengundang seorang perempuan yang tangguh dan pantang menyerah. Beliau adalah Enggar Yulian Wardan MSP 49 atau akrab disapa kak Enggar. Kak Enggar adalah mahasiswa berprestasi 1 (Mawapres)  tingkat Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB tahun 2016 dengan IPK di atas 3,5. Selain Berprestasi akademik, Kak Enggar juga aktif dalam organisasi, UKM dan kegiatan sosial yang ada di IPB maupun di luar IPB. Kak Enggar juga merupakan mahasiswa yang berkesempatan untuk mengikuti student exchange ke China selama 40 hari dan beberapa event internasional di Tailand dan Vietnam. Beruntung sekali Kak Enggar. Namun apakah itu semua karena faktor keberuntungan? Bisa jadi, tapi keberuntungan hanya berpengaruh beberapa persen saja. Usaha dan kerja keras kitalah yang mengambil andil besar dalam pencapaian tersebut.

Diskusi kali ini membahas tentang pengalaman Kak Enggar, cara membagi waktu dengan baik (time management), tips and trik dalam belajar bahasa Inggris dan cara mencapai kesuksesan itu sendiri. Perjuangan Kak Enggar dalam mencapai itu semua membutuhkan kerja keras dan doa dari orang-orang terdekatnya termasuk doa orang tua. Usaha tanpa doa itu sombong, doa tanpa usaha itu omong kosong. Mungkin itu ada faktor “T” juga, yaitu takdir. Kak Enggar tidak menyangka kalau nantinya setelah lulus SMA akan melanjutkan ke IPB. Padahal Kak Enggar dulunya ingin masuk ke bidang kesehatan, sebagai seorang dokter, tapi takdir berkata lain. Kak Enggar diterima di IPB dengan jurusan yang awalnya tidak beliau sukai, Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Sebuah jurusan yang Kak Enggar sendiri tidak ketahui sebelumnya. Namun, seiring berjalannya waktu, Kak Enggar bangkit dan mulai menyukai bidang studinya hingg akhirnya sampai sekarang menjadi Mawapres FPIK IPB.

Obrolan Kak Enggar dengan para anggota Kompres semakin menarik ketika salah satu anggota Kompres bertanya dan bercerita tentang dirinya sendiri. Ternyata cerita anggota Kompres tersebut hampir sama seperti Kak Enggar yang tidak ada pikiran sedikitpun untuk terjun ke dunia pertanian.

Kak Enggar membagikan tips dan trik  untuk dapat berprestasi di antaranya yaitu :

  1. Bisa memanajemen waktu dengan baik. Bedakan antara prioritas kebutuhan dengan prioritas kedudukan. Rencanakan dengan matang agar apa yang dicita-citakan terwujud.
  2. Kenali diri kita sendiri, jangan pernah jadi orang lain. Gali potensi diri kita masing-masing, apa passion kita, fokus terhadap pengembangan diri kita.
  3. Kuasai bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dengan baik dengan cara membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris dalam aktivitas kita sehari-hari.
  4. Jangan takut untuk mencoba, karena tidak ada salahnya untuk mencoba yang baru selama mencoba itu gratis. Jangan memikirkan hasilnya, tapi proses dalam mencoba hal baru itulah yang penting.
  5. IPK penting, jangan sampai banyak organisasi nilai akademik justru menurun, usahakan agara prestasi akademik dan organisasi seimbang.

Sukses itu kata kak Enggar adalah 10% uang, 20% IPK, 30% network, 40% softskilis. Jadi gali lah kemampuan dirimu dan perbanyak jaringan teman, saling silaturahmi. Apabila punya masalah besar harus diperkecil dahulu.  Jangan selesaikan masalah besar itu secara langsung.

Sebelum ditutupnya forum, Mas Hasan selaku koordinator mengungkapkan bahwa dalam sebuah masalah pasti ada solusinya. Dalam Al Qur’an juga dijelaskan bahwa apabila ada satu masalah, masalah tersebut setidaknya disertai dengan dua solusi. Jadi hadapilah masalah jangan justru menghindari, kuatkan hati dan pikiran untuk menghadapi masa depan yang lebih cerah.

Terakhir, Kak Enggar mengungkapkan sebuah pepatah yaitu witing tresno jalaran kulino,’ permulaan suka adalah lantaran terbiasa. Maka biasakanlah hal baik agar kita terbiasa berlaku baik dan sibuk dengan hal baik. Semangat berprestasi(Dihqon)

You might also like
Comments
Loading...