KMNU Universitas Jenderal Soedirman Sabet Juara Umum NUsantara 2020

Yogyakarta-Acara NUsantara (Nahdatul Ulama Science and Cultural Art Olympiad) 2020 baru saja rampung digelar. Tahun ini, Keluarga Mahasiswa Nahdatul Ulama Universitas Jenderal Soedirman (KMNU Unsoed) berhasil menjadi juara umum di ajang kompetisi tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang tergabung dalam organisasi Keluarga Mahasiswa Nahdatul Ulama (KMNU) tersebut.

Dari tiga belas delegasi yang dikirimkan, KMNU Unsoed berhasil menjadi juara pada tiga kategori lomba yang dikompetisikan. Total ada lima kategori lomba yang dikompetisikan pada NUsantara tahun ini dan seluruhnya dilakukan secara online. Semua pemenang dari masing-masing kategori lomba diumumkan secara live streaming bersamaan dengan acara pengajian akbar (29/11/20).

Sebagai juara umum, pihak KMNU Unsoed sangat bersyukur atas pencapaian yang telah diraih, hal ini disampaikan langsung oleh ketua umum KMNU Unsoed periode 2020/2021, Adi Kurniawan, “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur kepada Allah SWT karena meskipun di tengah kondisi pandemi seperti ini kami diberi anugerah untuk bisa menjadi juara umum. Kami tidak menyangka, karena niat awal kami mengikuti NUsantara ini untuk sekadar memeriahkan acara dan tidak ada ambisi menjadi juara umum. Hal ini sekaligus menjadi penyemangat bagi KMNU Unsoed,” Ujarnya.

Selain itu, Adi Kurniawan juga mengapresiasi keberhasilan KMNU UIN Sunan Kalijaga menjadi tuan rumah NUsantara 2020 dan mengungkapkan harapannya untuk NUsantara selanjutnya, “Ini merupakan suatu kebanggaan bagi KMNU UIN SUKA maupun KMNU Pusat, karena perlombaan yang dilakukan di tengah pandemi ini tentu membutuhkan banyak penyesuaian dari pihak panitia penyelenggara. Saya melihat kegiatan ini berjalan sukses dari awal sampai akhir, mungkin kendalanya ada pada peserta yang berasal dari masing-masing Perguruan Tinggi karena tidak semuanya dapat berkumpul untuk mempersiapkan perlombaan. Kedepan, saya mengharapkan perlombaan yang semakin kompetitif, peserta yang semakin kreatif, dan adanya satu atau dua perlombaan yang dibuka untuk umum bukan hanya untuk kader KMNU di gelaran NUsantara selanjutnya untuk memperkenalkan KMNU kepada khalayak,” Ungkap Adi.

Harapan gelaran NUsantara yang lebih baik juga diungkapkan oleh perwakilan juara 2 dari cabang lomba cover shalawat, Habib Sulton Akbar “Saya berharap NUsantara tahun ke depan dapat berjalan lebih meriah dan senantiasa istiqomah terselenggara,” kata Habib.

Habib Sulton yang sekaligus ketua umum KMNU UIN SUKA periode 2019/2020 ini sekaligus mengungkapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya NUsantara 2020, “Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang turut membantu suksesnya acara Nahdlatul Ulama Sience and Cultural Art Olympiad dimana tahun ini KMNU UIN SUKA sebagai tuan rumah, mohon maaf jika ada banyak kekuranganya,” ujarnya.

Tak hanya dari peserta, harapan juga datang dari ketua panitia NUsantara 2020, Muhammad Fajrul Rahman, “Harapan saya, NUsantara selanjutnya bisa lebih baik lagi daripada tahun ini. Semoga pandemi segera berakhir, sehingga acara NUsantara selanjutnya bisa dilaksanakan secara offline seperti di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun lalu,” pungkasnya.

Disusun oleh: Teguh Supriyanto (KMNU UIN Sunan Kalijaga)

You might also like
Comments
Loading...