KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

KMNU Selenggarakan RAKERNAS IV di Ponorogo

16-18 Maret 2018 – Al-Islam, Ponorogo

Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) ke-empat yang bertempat di salah satu pondok pesantren di Jawa Timur yaitu PP Al-Islam, Joresan, Mlarak, Ponorogo. RAKERNAS IV ini mengambil tema ‘Mewujudkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Melalui Aktualisasi Kader KMNU dalam Menjawab Tantangan Kebhinekaan’, dan KMNU IAIN Ponorogo tampil sebagai tuan rumah kegiatan. Acara RAKERNAS IV berlangung dari hari Jumat-Ahad  dihadiri oleh Presidium Nasional KMNU, Departemen Nasional, Pengurus Regional, dan seluruh delegasi  KMNU Perguruan Tinggi (PT) yang sudah tergabung dalam KMNU Nasional. Semarak acara RAKERNAS IV dirangkum dalam beberapa kegiatan.

Acara dibuka pada Jumat malam oleh KH. Utsman Yudi, M.Pd.I. selaku Direktur PP Al-Islam. Dalam sambutannya, KH. Utsman Yudi menyatakan bahwa beliau kaget dan senang dengan adanya KMNU. Kaget karena mimpi beliau tentang organisasi NU di ranah dakwah mahasiswa ternyata menjadi nyata dengan hadirnya KMNU, senang karena RAKERNAS IV dapat terselenggara di PP Al-Islam. Beliau mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta RAKERNAS IV, sebagai respon dari sambutan terima kasih Presidium Nasional (Presnas) 2 di awal acara. Pembukaan RAKERNAS IV dihadiri oleh pihak IAIN Ponorogo, pihak desa Joresan, dan IPNU-IPPNU Ponorogo.

Selepas pembukaan, acara dilanjutkan dengan gathering. Gathering diisi dengan sesi perkenalan dan diskusi dari tiap Departemen Nasional dengan Presnas masing-masing dan Pengurus Regional dengan KMNU PT. Harapannya, gathering ini dapat mempererat kerja sama dengan saling kenal langsung satu sama lain dan menjadi forum koordinasi teknis terkait program kerja. Berguyub bersama, untuk menyeragamkan langkah dalam koordinasi massif dan sistematis.

Sabtu pagi hingga sore terdapat beberapa sidang yaitu sidang pleno tata tertib, sidang pleno penyampaian program kerja, sidang komisi dan pleno akhir. Sidang komisi terbagi pada tiga bagian yaitu Kaderisasi dan Ke-KMNU PT-an, Ekonomi, serta Kajian dan Dakwah. Salah satu hasilnya adalah acara NUsantara yang akan berlangsung di Bandung pada September mendatang.

Dalam rangkaian RAKERNAS IV terdapat Majelis Jalsah Itsnain sekaligus menutup acara RAKERNAS IV. Majelis Jalsah Itsnain  dihadiri oleh pihak PCNU Ponorogo, PC IPNU-IPPNU , PMII, Muslimat, GP Ansor, Fatayat Ponorogo, pihak PP. Al-Islam, Kapolres, Muspika Kecamatan, Kepala Desa Joresan, Kepala SD Joresan, dan pembina KMNU IAIN Ponorogo. Presidium Nasional 2, Alis Mukhlis, mewakili pihak KMNU menyampaikan terima kasih atas kesedian pihak PP Al-Islam karena telah bersedia menjadi lokasi penyelenggaraan RAKERNAS IV. Selain itu, Muhklis menyampaikan sejarah berdiri dan tujuan KMNU, ajakan untuk sinergis dalam membumikan Aswaja dan menjaga kader NU terjaga ke-NU-annya serta memohon doa para agar perjuangan KMNU lancar dan berjaya.

RAKERNAS IV ditutup oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Ponorogo, KH. Fathul Aziz, MA. Beliau berterima kasih karena telah memilih Ponorogo sebagai lokasi kegiatan. “Saya terenyuh. Teman-teman mahasiswa ini sangat baik dalam menjaga Aswaja. Sudah pintar bisa masuk PT ternama, bisa menjaga tradisi pula,” tutur beliau kepada para kader KMNU. Beliau mendukung pada Muktamar selanjutnya, KMNU dapat masuk sebagai salah satu banom NU. Majelis Jalsah Itsnain juga dimeriahkan oleh penampilan hadrah Banjari Syifaul Qalbi dan PP. Al-Islam. KH. Muh Ma’ruf Mukhar, Pengasuh PP Chasanul Hidayah Bajang, Balong, Ponorogo, hadir sebagai pengisi mauidhah hasanah dalam Majelis Jalsah Itsnain.

Selepas Majelis Jalsah Itsnain, diadakan pelantikan pengurus. Pelantikan dilakukan jam 3 pagi untuk menambah kekhidmatan. Pelantikan ini berlangsung di halaman PP. Al-Islam. MPO Nasional melantik seluruh jajaran Presidium Nasional dan Departemen Nasional masing-masing serta Pengurus Regional masa khidmat 2018-2019.

Rangkaian kegiatan RAKERNAS berakhir pada Ahad. Seluruh peserta dan panitia ziarah ke dua makam Ulama. Pertama ke makam Kyai Ageng Mohamad Besari di Tegalsari, Ponorogo. Kedua, ke Makam Bathara Kathong, pendiri sekaligus pelopor penyebar agama Islam di Ponorogo. Sesi foto bersama menandai berakhirnya perjumpan teman-teman KMNU se-Nasional. Semoga dapat bersilaturrahmi kembali di event selanjutnya. Salam Aswaja. #AyoGabungKMNU (KMNU/Tim Redaksi)

You might also like
Comments
Loading...