KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

KMNU ORMAWAKU

Oleh: Presidium Nasional

Mahasiswa adalah pemuda yang akan menjadi sebuah kekuatan besar dalam penegakkan kebenaran dan menentang kedzaliman. Kita bisa lihat potret negeri kita tercinta, yang telah memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana sentralnya posisi mahasiswa dalam menggulirkan dan mengarahkan perubahan di negeri ini. Sepanjang catatan sejarah, tidak pernah luput dalam menyebutkan peran pemuda.

Keluarga Mahasiswa Nahdlatul ‘Ulama (KMNU) adalah Organisasi Mahasiswa berdasar kekeluargaan yang digerakkan oleh para mahasiswa NU di Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia dan luar negeri. Arah perjuangan KMNU adalah membina kader-kader NU dalam rangka meneruskan estafet pemikir-pemikir besar Islam sehingga menjadi kader yang loyal, religius dan militan.

KMNU Nasional yang secara resmi telah terbentuk pada tanggal 3 Rabbiul Akhir 1436 H atau bertepatan dengan 24 Januari 2015 di Yogyakarta merupakan sebuah wadah bagi para kader muda Nahdlatul Ulama yang ingin berpartisipasi aktif dalam upaya perjuangan menegakkan dakwah Ahlussunah Wal Jamaah An-Nahdliyyah di tingkat perguruan tinggi. Garis perjuangan KMNU sejalan dengan prinsip-prinsip yang tercantum dalam Khittah Nahdlatul Ulama, yaitu mengedepankan sosial keagamaan yang berbasis kultural demi menebarkan ajaran agama Islam sebagai rahmatan lil ‘aalamiin.

Mahasiswa adalah agent of change. Tonggak perubahan berada di tangan mahasiswa. Dalam kapasitasnya sebagai mahasiswa, para kader KMNU mengemban tugas vital yaitu berupaya mengimplementasikan nilai-nilai an-nahdliyyin dalam berdakwah. Diantara nilai-nilai tersebut adalah Tawassuth, Tawazun, Tasamuh, I’tidal dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Sebuah fenomena terjadi akhir-akhir ini dimana pergolakan paham-paham agama yang mengatasnamakan Islam namun dilakukan secara ekstrem dan radikal semakin gencar dilakukan. Tindakan semacam itu menimbulkan citra buruk terhadap agama Islam. Maka di sinilah para kader KMNU harus mengambil peran aktif dengan menjalankan dakwah sebagaimana metode yang diajarkan oleh para wali songo Bi al-hikmah dan penuh cinta kasih.

#SemangatKMNU.!!✊

You might also like
Comments
Loading...