KMNU Nasional Gelar Perlombaan Musabaqoh Qiroatil Kutub se-Indonesia

Bandung- Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama pusat dalam rangkaian acara Nahdlatul Ulama Science and Cultural Art (NUsantara) 2019 menggelar perlombaan Musabaqoh Qiroatil Kutub (MQK) pada hari Minggu 28 September 2019 yang diikuti 16 delegasi KMNU PT se-Indonesia.
“Dengan diadakannya perlombaan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan bakat kader KMNU dalam mengkaji kitab kuning. Meskipun kebanyakan dari perguruan tinggi umum, kader KMNU dituntut untuk bisa ngaji dan mampu mengabdikan diri pada masyarakat dengan mengajarkan kitab kuning”, ujar Irfansyah Maulana, salah satu panitia NUsantara yang ditemui dilokasi acara, Islamic Tutorial Centre UPI. Setiap KMNU PT mengirimkan satu delegasi nahdliyin atau nahdliyat dengan kitab yang dikaji adalah Fathul Qorib Al-Mujib fii Syarhi Al-fadzi At-Taqrib.
Dosen Ilmu Pendidikan agama Islam UPI, Bapak Yusuf Ali sekaligus juri dalam perlombaan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah postitif karena dapat menjaga khazanah klasik kitab turast sebagaimana dalam NU disebutkan menjaga tradisi terdahulu yang baik dan mengambil sesuatu baru yang lebih baik.
“Diharapkan kedepannya dalam musabaqoh ini, tingkatan kitabnya lebih banyak dan lebih tinggi. ” ujarnya beliau.
Salah satu peserta yang diwawancarai mengaku sangat bersemangat dan sudah mempersiapkan diri sekitar satu bulan untuk mengikuti lomba ini. Ia juga berharap NUsantara menjadi ajang silaturrahmi antar kader KMNU PT se-Indonesia bukan hanya ajang perlombaan. Ia juga menuturkan bahwa acara NUsantara sangatlah luar biasa dan menyarankan KMNU PT lainnya dapat berpartisipasi pada tahun selanjutnya.

 

 

Kredit : Shopa Asrofah

You might also like
Comments
Loading...