KMNU Menghelat Musabaqah Syarhil Quran

Bandung – Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) menghelat perlombaan musabaqoh syarhil Qur’an (MSQ) dalam acara tahunan Nusantara pada Sabtu (28/9/2019) hari ini di Lantai Utama Masjid Al-Furqan UPI.
Perlombaan ini diikuti oleh dua belas kelompok perwakilan tiap KMNU dari 25 Perguruan Tinggi yang mengikuti acara Nusantara. Awalnya jumlah pendaftar lomba tercatat sejumlah tiga belas kelompok, namun kelompok perwakilan dari Universitas Sriwijaya mengundurkan diri.

Farah Diba, penanggung jawab lomba MSQ mengatakan bahwa perlombaan MSQ ini sangat diperlukan, karena melalui lomba ini dapat menumbuhkan dai muda moderat dari kader KMNU serta melatih bakat terpendam dari kader. Selain itu juga dapat membedah tafsiran ayat Al-Quran dari isi materi yang disampaikan.

“Harapan saya dengan diadakannya perlombaan ini kader KMNU dapat lebih berani tampil di depan umum untuk menyebarkan Islam Rahmatan Lil’alamin“, tambahnya.
Kelompok peserta perwakilan dari KMNU Politeknik Statistika STIS mengaku merasa senang dengan diselenggarakannya perlombaan ini, karena selain dapat bertemu secara langsung dengan teman-teman KMNU PT lain, juga dapat menjadi ajang unjuk gigi. Selain itu juga bisa menjadi arena belajar menjadi da’i yang baik. “Harapannya untuk ke depannya agar nilai-nilai Islam yang sudah ditulis dengan baik untuk perlombaan bukan hanya tercatat di naskah, tetapi juga dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari”, tuturnya.
Pak Anwar Taufik Rakhmat, M.pd selaku dewan juri turut berkomentar tentang MSQ. “Sangat membanggakan dan membahagiakan. Ini adalah salah satu sarana untuk mewujudkan visi misi Al-Quran sebagai pedoman hidup muslim. Terkhusus mahasiswa untuk menggali di dalamnya”, ujarnya. “Sebagai Nahdliyyin saya merasa bangga dapat ikut terlibat dalam acara KMNU, karena bagi saya terlibat di NU itu suatu ibadah, meneruskan perjuangan para ulama”, tambahnya.
Tema-tema yang diusung dalam perlombaan ini adalah tema yang bersinggungan dengan Islam Nusantara, seperti merekatkan persaudaraan umat melalui lokalitas budaya Islam Nusantara, Budaya Islam Nusantara sebagai media penyebaran dakwah Islam di Indonesia, dan mencetak revolusi muslim cinta tanah air melalui nilai-nilai Islam Nusantara.

Selain perlombaan MSQ, Nusantara juga mengadakan perlombaan lainnya seperti Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), hadroh, dan program kreativitas mahasiswa Nahdliyyin kewirausahaan (PKMN-K).

 

Kredit : Siti Mariam Ulfah

You might also like
Comments
Loading...