KEDAI KAWULA 2022: Upaya Membangkitkan Semangat Berjihad Melalui Media Sosial

KEDAI KAWULA atau kependekan dari Kelas Desain Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama merupakan kegiatan program kerja tahunan yang diadakan oleh Departemen Media KMNU UNY. Pada tahun ini kegiatan tersebut telah terselenggara pada hari Sabtu, 2 Juli 2022 di Pendopo Al-Ikhlas Samirono, Caturtunggal, Depok, Sleman. KEDAI KAWULA merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan desain khususnya bagi pemula melalui software CorelDraw.

Kegiatan KEDAI KAWULA 2022 merupakan yang perdana dilaksanakan secara offline setelah pada dua tahun sebelumnya terselenggara secara online melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan tersebut tidak hanya dibuka untuk anggota KMNU UNY, namun juga terbuka untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Peserta pelatihan desain pada kali ini berjumlah 20 peserta, namun pada pelaksanaannya hanya 12 peserta yang dapat mengikuti secara offline dikarenakan terdapat kegiatan mendadak dari beberapa peserta. Secara garis besar, tujuan dari pelatihan desain yang diselenggarakan oleh KMNU UNY ini adalah sebagai upaya memunculkan potensi yang dimiliki oleh para anggota dan pengurus sehingga dapat berkontribusi dalam pembuatan berbagai desain yang dapat digunakan dalam proses kepengurusan baik dalam skala Perguruan Tinggi, Regional, bahkan Nasional.

Kegiatan KEDAI KAWULA kali ini dibagi menjadi dua sesi penyampaian materi oleh dua pembicara. Pada sesi pertama materi mengenai pembuatan Pamflet, Poster, dan Banner yang dibersamai oleh Abdul Mujib (Medkominfo KMNU Regional DIY) dan sesi kedua materi mengenai Mikroblog, Infografis, dan Logo yang dibersamai oleh Ahmad Faozi, S. Psi. (Sekretaris PW Pergunu DIY & Content Creator PP IPNU). Menurut Abdul Mujib, dalam penyampaian materinya menyampaikan bahwa desain merupakan seni yang mana setiap orang memiliki ciri khas masing-masing sehingga tidak bisa disalahkan secara bentuk maupun warna, terkecuali apabila terdapat SOP tertentu yang mengaturnya. Desain merupakan proses, sehingga perlu dilatih dan tidak bisa seorang pemula menjadi desainer handal secara instan.

Menurut Khalifah Rizki selaku Kepala Departemen Media KMNU UNY 2022, harapannya kegiatan semacam ini dapat terlaksana setiap tahunnya guna melatih kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh para anggota maupun masyarakat secara umum sehingga dapat menumbuhkan semangat berjihad melalui sosial media.

Oleh: Muhammad Azif NU (Depnas 2 KMNU)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.