KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

THE HERO (SANG PAHLAWAN) SEBAGAI MEDIA BELAJAR IPS BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

oleh: Dwi Wahyudi (KMNU UNILA) juara II youth Aswaja Writing Competition

 

Di zaman sekarang ini dimana perkembangan ilmu dan teknologi semakin maju, mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Sekarang ini para guru dituntut untuk dapat menggunakan atau memanfaatkan ilmu dan teknologi berupa alat-alat komunikasi baik itu penggunaan internet, penggunaan komputer, dan penggunaan telepon pintar (smartphone). Penggunaan media dan teknologi pada proses pembelajaran dapat membentuk atmosfer yang berbeda yang dapat membuat siswa menjadi aktif berpartisipasi. Media pembelajaran menjadi penghubung antara siswa dan guru. Berkat media, siswa tidak dibatasi lagi oleh ruang-ruang kelas. Siswa dapat belajar di berbagai tempat melalui laptop atau telepon pintar.

Akan tetapi, siswa masih kesulitan dalam penggunaan media pembelajaran. Keterbatasan alat menjadi kendala dalam mengakses media pembelajaran. Komputer pribadi seperti laptop masih terbilang mahal untuk kalangan menengah ke bawah, fasilitas sekolahpun tidak mencukupi untuk penggunaannya. Adanya perangkat yang murah dapat memudahkan siswa untuk mengakses media pembelajaran. Dengan perangkat yang murah, siswa dari kalangan menengah ke bawah dapat memiliki perangkat tersebut. Telepon genggam mempunyai potensi yang luar biasa untuk membantu proses pembelajaran. Telepon pintar atau smartphone mempunyai harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan komputer atau laptop. Smartphone juga mempunyai kemampuan yang relatif sebanding dengan perangkat komputer.

Pengguna smartphone di Indonesia juga bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing E-marketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang1. Dilaporkan juga oleh Ericsson Lab yang melakukan riset sejak awal 2011 hingga awal 2012 kepada 6.600 responden di seluruh Indonesia mengenai pertumbuhan penggunaan smartphone dikatakan bahwa di perkotaan pertumbuhannya naik dari 8% pada 2011 menjadi 22%. Yang mengejutkan, di pedesaan angka penggunanya naik dari 5% menjadi 21%2.

1 https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital- asia/0/sorotan_media
2 https://swa.co.id/swa/trends/technology/tahun-ini-pengguna-smartphone-naik-3-kali-lipat

You might also like
Comments
Loading...