KMNU Pusat
Keluarga Mahasiswa Nahdlatul 'Ulama

Hari Asyura : Pesan Kasih dari Malang

Oleh : Deva A. Supardi - IMAN PKN STAN

Dari sebuah kota yang dingin nan indah di sebelah Utara Gunung Kawi, 19 September 1995 lalu telah wafat seorang habib yang sangat dikasihi masyarakat Malang, Habib Alwy Alaydrus atau sering dikenal orang Ustad Alwy. Seorang ulama yang terkenal halus budi perangai dan rendah hati dalam setiap dakwahnya memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat Malang. Walau beliau sudah wafat 24 tahun yang lalu namun ilmunya masih dirasakan kebermanfaatannya hingga saat ini. 

Gurunya para kyai di Malang adalah sebutan yang ditujukan beliau. Seperti yang disampaikan KH Nur Hasanuddin (pengasuh Ponpes Gubuk Klakah, Poncokusumo, Malang) yang juga santri dari Habib Alwy. Sebagai bukti kasih dari Habib Alwy, beliau menuliskan sebuah tuntunan beramal di hari Asyura kepada masyarakat. Tuntunan ini ditulis dalam secarik kertas dalam bahasa Indonesia dengan aksara Arab Pegon yang diterbubuh keterangan Malang, 7 Muharram 1397 H dibawahnya. Surat penuh rasa kasih sayang dari Habib Alwy ini dibacakan dan dijelaskan kepada para jamaah Masjid Roisiyah Malang oleh KH Nur Hasanuddin (pengasuh Ponpes Gubuk Klakah, Poncokusumo, Malang) pada pengajian rutin Sabtu malam Ahad (7 September 2019). Isi surat tersebut adalah sebagai berikut :

Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillah. Wassholatu wassalamu ala rosulillah sayyidina Muhammad waala ali washohbihi wamanihtada.

Setelah mengucap basmala, syukur, serta sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad. Habib Alwy melanjutkan suratnya.
Berdasarkan beberapa hadist Rasulullah shollahu alaihi waalihi wassalam dan tuntunan beberapa ulama ahlussunnah wal jamaah, didalam memasuki Hari Asyura (Hari ke-10 Muharram). Maka kami anjurkan hendaklah anda memperhatikan serta melaksanakan acara-acara yang khusus pada hari yang berbarokah itu. Agar dapat mendapat pahala yang besar serta mendapatkan berkah serta nikmat yang luas didalam dunia akhirat.
KH Nur Hasanuddin menjelaskan beberapa hal tentang tulisan Habib Alwy ini :
Tuntunan ini dari para ulama ahlussunah wal jamaah. Jadi jika ada yang mempertanyakan ataupun menentangnya patut dipertanyakan apakah masih termasuk dalam kelompok ahlussunah wal jamaah atau tidak.
Dibolehkannya niat puasa Asyura digabung dengan mengqadha puasa Ramadhan. Demikian diutarakan kebolehannya oleh ulama syafiiyah.
Lalu Habib Alwy melanjutkan suratnya dengan merinci sebagai berikut :
Acara-acara tersebut itu ialah :
1.Berpuasa Asyura. Sedapat mungkin dengan hari sebelumnya hari Tasua.
2. Memperluas belanja keluarga.
3. Bersodaqoh kepada fakir miskin dan anak yatim
4. Membaca doa Asyura.
5. Memperbanyak amal-amal ibadah
Wallahul waliyyul hidayah wattaufiq.
Malang, 7 Muharram 1398 H
Sayyid Alwy Alaydrus Alwy
KH Nur Hasanuddin lalu melanjutkan penjelesan hal tentang tulisan Habib Alwy ini :
Pada hari Asyura ini, kaum Yahudi juga berpuasa karena memperingati nabi mereka yang diselamatkan Allah SWT dari Firaun. Karena Kanjeng Nabi Muhammad tidak mau menyerupai Yahudi maka Kanjeng Nabi menyuruh umatnya juga berpuasa di hari ke-9 Muharram.
Barangsiapa yang menambah belanja keluarganya di hari Asyura, Allah SWT akan menambah rizki orang itu selama 1 tahun. Maka tidak heran sering dijumpai jenang suro pada tradisi Jawa. Tradisi ini dimaksudkan untuk bersedekah di hari Asyura sesuai kemampuan tiap orang.
10 Muharram dikenal dengan hari raya anak yatim. Bersedekah pada anak yatim ini yang utama. Saat bersedekah kepada anak yatim alangkah baiknya sambil mengusap kepalanya. Hal ini dimaksudkan agar timbul kasih sayang kepadanya. Ini dianjurkan oleh Imam Syafi’i.
Perbanyak istigfar. Tirulah istigfar nabi terdahulu. Seperti istigfarnya Nabi Yunus ataupun istigfar Nabi Muhammad yang diajarkan Sayyidiina Ali (ربِّ اغْفِرْلِي وَارْحَمْنِي وَتُبْ)
Sedekah di hari Asyura ini seperti sedekah selama 1 tahun.
Jika engkau menemukan kesulitan hidup bacalah hasbunallah wanimal wakil sebanyak 450x. Ini diajarkan oleh Kyai Hamid Pasuruan.
Berikut ini adalah doa hari Asyura :

You might also like
Comments
Loading...