FORMIS (Forum Ilmiah dan Seminar Nasional) Batch 1

Seminar nasional beasiswa online sebagai bagian batch 1 dari FORMIS (Forum Ilmiah dan Seminar Nasional) yang diselenggarakan oleh bidang kajian ilmiah KMNU Nasional 2020 mengambil tema “everyone can get scholarship” telah berhail dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2020 pukul 15.00-17.00 WIB. Seminar ini menggunakan aplikasi whatshapp sebagai sarana penghimpun peserta dan mengkoordinasi peserta, aplikasi zoom sebagai media presentasi pemateri, dan youtube KMNU Pusat sebagai pembantu siar acara agar tidak hanya dinikmaati oleh peserta saja.

 Seminar ini menghadirkan tiga pemateri yang berkompeten dibidangnya yaitu pemateri pertama Sultan Kurnia A.B., S.S., seorang master student of graduate school of integrated arts and sciences di Hirosima University. Beliau adalah penerima beasiswa Taoyaka program. Pemateri kedua yaitu Tohir Mustofa. S.S., M.A., seorang kandidat Doctor of EPHE Paris. Beliau adalah penerima beasiswa Excellence Ampere and Contrat Doctoral. Pemateri ketiga Aryan Danil Mirza. BR., seorang Master of Science in Accounting di Universitas Gadjah Mada. Beliau penerima beasiswa Unggulan Kemendikbud. Moderator dari penyelenggaraan seminar ini diisi oleh salah satu Pengurus Pusat KMNU Depnas V bidang kajian ilmiah sekaligus kader KMNU UNDIP yaitu Aniswatul Khasanah, ia adalah seorang peraih silver medal Moscow International Salon of Inventions.

Seminar dibuka dengan sambutan Presnas V KMNU Nasional 2020/2021 sekaligus kader KMNU UB Avuan Muhammad Rizki, lalu dengan pemaparan materi dan sesi tanya jawab. Tujuan Seminar ini diselenggarakan tidak hanya sebagai wadah edukasi para mahasiwa pencari beasiswa-beasiswa S2 di dalam negeri maupun di luar negeri namun sekaligus diselenggarakan dalam rangka menggalang dana menanggapi peduli wabah COVID-19 yang sedang melanda Indonesia. Sehingga acaranya bersifat gratis dengan opsi donasi seikhlasnya bagi yang peserta yang ingin berkontribusi.

Seminar beasiswa online ini memaparkan tiga materi pokok yang dibawakan oleh pembicara-pembicara terebut mengenai gambaran dan strategi umum seleksi beasiswa pendidikan, tips dan trik memenuhi persyaratan untuk mendapatkan beasiswa, dan panduan pembuatan motivation letter untuk mengajukan beasiswa. Penyampaian materi-materi tersebut merupakan kolaborasi dari materi-materi yang didapatkan pribadi dan pengalaman mereka sendiri. Berikut hasil materi yang disampaikan:

  1. Pentingnya mempersiapkan diri dengan baik dengan cara rajin-rajin update dan mencari informasi terkait beasiswa yang ingin dilamar.
  2. Meluruskan niat dan berfikir ulang apa tujuan melamar beasiswa tersebut, apakah benar-benar membutuhan lanjut studi dan apakah sudah benar-benar siap dengan segala konsekuensinya.
  3. Mempersiapkan diri untuk melengkapi persyaratan administratif dan seleksi yang tiap beasiswa berbeda-beda namun secara umum membutuhkan Nilai Bahasa Asing TOEFL/TOEIC dan beberapa dokumen yang merefleksikan kualitas pelamar.
  4. Memiliki lingkaran pergaulan yang mendukung agar bisa mendapatkan informasi beasiswa dengan cepat dan tidak cepat menyerah saat gagal diterima di satu beasiswa.
  5. Meningkatkan kualitas tulisan di Motivation Letter, Essay atau berkas pendukung yang memang diminta oleh pihak pemberi beasiswa. Lalu harus mampu mengaitkan Argumen, Life Plan sesuai tujuan atau nilai-nilai yang dimiliki oleh pemberi beasiswa.

Selengkapnya bisa dilihat siaran ulangnya di Youtube KMNU Pusat dengan mengetik kata kunci “Formis”. Harapanya setelah Seminar ini dilaksanakan mampu membangkitkan semangat dan terus meningkatkan kualitas SDM Indonesia terutama di masa adaptasi dengan pandemi yang tentu banyak mengubah pola sosial masyarakat. Formis akan dilaksanakan setiap bulan dan Formis ke 2 Akan dilaksanakan Juli yang kami harapkan juga mampu memberikan kontribusi bagi Negeri ditengah pandemi.

Disusun oleh: Rona Apriandini Djufri ( Depnas V bidang Kajian Ilmiah)

Comments
Loading...